SELAMAT DATANG DI BLOG http://bogor1975.blogspot.com SEMOGA ADA ARTIKEL BERMAMFAAT YANG DI DAPAT DARI KUNJUNGAN SAUDARA DI BLOG INI TERIMAKASIH
REGISTRASI KLIK DISINI

Rabu, Maret 13, 2013

Festival dongdang tahun 2013 Kab Bogor


Festival dongdang tahun 2013 Kab Bogor yang berlangsung di sepanjang jalan Tegar Beriman Kabupaten Bogor, Cibinong, Sabtu (9/3) berlangsung meriah. Festival yang menampilkan parade dari sekitar 2.000 peserta dari barbagai unsur lapisan masyarakat diikuti dari berbagai elemen masyarakat di antara pesertanya dari SKPD, desa atau kelurahan, kecamatan, polsek, koramil, UPTK, UPTD, PKK se-Kabupaten Bogor. Festival dongdang dibuka langsung oleh Bupati Bogor H. Rachmat Yasin dan Wakil Bupati Karyawan Faturahman.
Bupati mengatakan Festival Dongdang adalah menjadi ajang kebersamaan dan toleransi antar masyarakat. “Jadikan Festival Dongdang ini sebagai ajang kebersamaan dan toleransi antar masyarakat, tradisi  dongdang yang merupakan tradisi muslim Bogor harus terus dijaga”, katanya.

Menurutnya, Festival Dongdang  merupakan gabungan dari musik yang mengangkat tradisi akar budaya Kabupaten Bogor serta cinta kasih. “Semua warga masak membuat makanan, lalu membagikannya kepada masyarakat, membagi pahala dengan masyarakat sehingga cinta kasih sesama tetap terjaga. Festival Dongdang juga, lanjut Rachmat Yasin memiliki makna kekeluargaan antar sesama yang mana rasul Muhamad SAW selalu mengingatkan kita agar mencintai sesama manusia”, lanjutnya.
Sementara itu Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan yang disapa Aher mengatakan bahwa festival dongdang ini merupakan gabungan peristiwa keagamaan dan budaya. Festival ini, lanjut Aher merupakan terobosan yang sangat baik. Aher pun berharap Festival dongdang ini tidak hanya menjadi bagian dari Kabupaten Bogor akan tetapi menjadi representasi dari Jawa Barat dan Indonesia. “Saya ingin Festival yang menampilkan budaya Kabupaten Bogor ini menjadi budaya yang merepresentasikan Jawa Barat dan Indonesia”, harapnya.
Selain itu, Menteri Agama SuryaDharma Ali mengatakan tradisi dongdang yang unik ini dan luar biasa terus dikembangkan, dan dilestarikan. “Dongdang yang punya berbagi, ada rasa member merupakan nilai social yang tinggi dan lebih dari itu memiliki nilai agama”,pungkasnya. Surya Dharma Ali pun berpesan agar budaya dongdang trus dilestarikan dan menjadi budaya yang unik bagi Kabupaten Bogor untk menjadi kegiatan yang menarik turi dari mancanegara.
Kegiatan ini dilanjutkan dengan Tausiah dari KH. Jujun Junaidi dan hiburan dari Band asal Bandung, Gigi serta pembagian doorprize 9 umroh, motor, sepeda, dan barang elektronik. Kemudian untuk juara pertama Festival Dongdang dimenangkan Kecamatan Ciampea mendapatkan Rp 7.5 juta, juara dua dari Kecamatan Gunungsindur mendapat Rp 5 juta dan juara ketiga Kecamatan Tajurhalang mendapatkan Rp 3 juta.
(Arif/Diskominfo Kabupaten Bogor)
Sumber : http://www.bogorkab.go.id