SELAMAT DATANG DI BLOG http://bogor1975.blogspot.com SEMOGA ADA ARTIKEL BERMAMFAAT YANG DI DAPAT DARI KUNJUNGAN SAUDARA DI BLOG INI TERIMAKASIH
REGISTRASI KLIK DISINI

Senin, Juli 30, 2012

Kulit Buah Manggis sangat BerKhasiat

Rasanya tak berlebihan untuk menyebutkan bahwa buah Manggis merupakan buah dengan sejuta khasiat. Buah yang masyhur dengan sebutan “the queen of fruit” ini memang tak hanya memiliki rasa buah yang manis dan segar, namun juga mengandung banyak sekali khasiat kesehatan.
Hampir keseluruhan bagian yang terdapat dalam buah Manggis, mulai dari buahnya yang segar, kulit buahnya, daun bahkan kulit kayunya memiliki aneka khasiat untuk kesehatan manusia.
Berbagai penyakit dari mulai penyakit ringan sampai berat bisa diobati dengan terapi kulit buah Manggis ini. Buah Manggis dikenal sebagai buah yang mengandung zat anti-oksidan tertinggi di dunia.

khasiat-kulit-manggis
Di dalam buah Manggis terkandung senyawa yang disebut xanthone dengan kandungan yang tinggi. Xanthone sendiri merupakan senyawa polyhenolic yang sangat bermanfaat dalam membunuh berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, hipertensi, dan trombosis. Kandungan xanthone dalam kulit buah Manggis bisa mencapai 123,97 mg/ml.
Xanthone yang terkandung dalam kulit Manggis mempunyai aktifitas anti-oksidan dan anti-inflamasi sehingga bisa menangkal radikal bebas dan kerusakan sel serta menghambat bahkan membunuh sel-sel kanker yang ganas dan berpotensi membahayakan manusia.
Bahkan, belakangan ini para ilmuwan tengah gencar mengadakan penelitian ilmiah terhadap kulit Manggis ini sebagai obat HIV/AIDS yang memang hingga sekarang belum ditemukan obatnya.

inilah Kandungan Zat senyawa yang terkandung dalam Kulit Buah Manggis..!



Selain rasa yang manis dan penampilannya yang enak dilihat, buah Manggis juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan.
Bahkan di beberapa negara, sudah sejak lama buah Manggis ini dijadikan sebagai bahan terapi maupun obat alternatif. Sedangkan di kalangan masyarakat tradisional sendiri, buah Manggis dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti sariawan, disentri, amandel, borok, dengan kemampuan anti-peradangan atau anti-inflamasi yang dimilikinya.
Hasil penelitian ilmiah menyebutkan bahwa kulit buah Manggis sangat kaya akan anti-oksidan, terutama xanthone, tanin, asam fenolat maupun antosianin. Dalam kulit buah Manggis juga mengandung air sebanyak 62,05%, lemak 0,63%, protein 0,71%, dan juga karbohidrat sebanyak 35,61%.

Kandungan dalam Kulit Buah Manggis

Xanthone

Anti-oksidan yang terdapat dalam kulit buah Manggis dengan kadar yang tinggi ini memiliki sifat yang baik dan bermanfaat bagi tubuh, seperti anti-peradangan, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri, anti-jamur, anti-plasmodial, dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh, hepatoprotektif.
Di dalam senyawa xanthone teridentifikasi sekitar 14 jenis senyawa turunannya. Yang paling banyak terkandung dalam buah Manggis ialah kandungan alfa-mangostin dan gamma-mangostin. Apa itu alfa-mangostin?
Alfa-mangostin adalah senyawa yang sangat berkhasiat dalam menekan pembentukan senyawa karsinogen pada kolon. Selain alfa-mangostin, senyawa xanthone juga mengandung gamma-mangostin yang juga memiliki banyak manfaat dalam memberikan proteksi atau melakukan upaya pencegahan terhadap serangan penyakit.
Menurut penelitian yang telah dilakukan sejak tahun 1970-an, kedua turunan senyawa xanthone tersebut bisa menghentikan proses peradangan atau inflamasi dengan jalan menghambat enzim COX-2 yang merupakan enzim pemicu peradangan.
Dalam penelitian lainnya juga ditemukan fakta bahwa gamma-mangostin memiliki sifat anti-radang yang jauh lebih baik dibandingkan dengan obat-obat inflamasi yang selama ini beredar di pasaran. Dengan demikian, gamma-mangostin mampu memberikan proteksi pada serangan penyakit yang menyebabkan inflamasi seperti alzheimer dan arthritis.

Tanin

Tanin, senyawa lain yang terkandung dalam kulit buah Manggis, memiliki aktifitas anti-oksidan yang mampu menghambar enzim seperti DNA topoisomerase, anti-diare, hemostatik, anti-hemoroid, dan juga menghambat pertumbuhan tumor.
Tanin sendiri mampu membentuk kompleks kuat dengan protein sehingga dapat menghambat penyerapan protein dalam pencernaan. Dengan kata lain bisa disebut anti-nutrisi. Oleh sebab itu, kadar tanin dalam produk-produk pangan patut diperhatikan dan diformulasikan secara cermat supaya kadarnya aman untuk pencernaan manusia.

Antosianin

Antosianin juga memiliki kemampuan sebagai anti-oksidan yang baik dan memiliki peranan yang cukup penting dalam mencegah beberapa penyakit seperti kanker, diabetes, kardiovaskuler, dan neuronal. Antosianin merupakan kelompok pigmen yang terdapat dalam tanaman dan biasanya banyak ditemukan dalam bunga, sayuran maupun buah-buahan seperti Manggis, Stroberry, Rasberry, Apel, dan lainnya.

Khasiat Lain Kulit Buah Manggis 

Potensi khasiat yang dimiliki oleh kulit buah Manggis tak hanya berhenti sebagai anti-oksidan saja, namun ada khasiat lainnya sebagaimana akan dijabarkan dalam uraian berikut.

Anti-inflamasi (Peradangan)

Kulit buah Manggis memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi (anti-peradangan). Untuk membuktikan hal itu, penelitian yang dilakukan adalah dengan memakai mangostin dari ekstrak etanol 40% yang memiliki aktifitas penghambatan terhadap pelepasan nistamin dan sintesis prostagladin E2 sebagai perantara inflamasi. Kandungan ekstrak etanol dalam kulit buah Manggis mampu meredam radikal bebas secara kuat.

Anti-kanker

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kandungan xanthone dalam kulit buah Manggis mampu berperan sebagai senyawa anti-kanker. Kulit buah Manggis memiliki sifat antiproliferasi untuk bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, selain juga mampu menghancurkan sel kanker.

Anti-mikroba

Kulit buah Manggis juga dikenal memiliki daya anti-mikroba terhadap beberapa bakteri sepertiStaphylococcus aureus. Bakteri ini sangat resisten terhadap anti-biotik metisilin. 
Selain manfaat diatas, ternyata masih banyak manfaat lainnya dari kulit buah Manggis seperti keampuhannya dalam mengatasi TBC, Asma, Jantung koroner, dan kemampuannya meningkatkan daya tahan tubuh terutama bagi orang yang sedang mengidap HIV/AIDS yang tak bisa disembuhkan.
Penelitian lain juga menyebutkan bahwa kulit buah Manggis sangat mujarab untuk melawan sel kanker payudara, lever, dan leukemia. Sungguh sangat mengagumkan dan menakjubkan fungsi dan manfaat yang dimiliki oleh kulit buah Manggis yang sejatinya bisa dengan mudah kita mendapatkannya!

Khasiat Kulit Buah Manggis

Di luar negeri, dimana sudah banyak orang yang mengetahui manfaat dan khasiat yang terkandung dalam kulit buah Manggis, membuat harga buah ini menjadi mahal. Di negara-negara Eropa misalnya, harga jus kulit buah Manggis bisa mencapai puluhan dollar untuk satu gelasnya. Bagi orang-orang bule, harga bukanlah masalah karena yang terpenting ialah manfaat yang ada didalam kulit buah Manggis tersebut.
Berikut merupakan beberapa fakta khasiat dan manfaat kulit buah Manggis:
  • Anti-peradangan (anti-inflamasi).
  • Anti-depresi.
  • Mencegah penyakit Alzheimer.
  • Mencegah penyakit Kanker.
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Sebagai anti-oksidan.
  • Bermanfaat untuk mengatasi penyakit Jantung.
  • Bermanfaat untuk mengurangi kadar gula dalam darah.
  • Mencegah penyakit Diare.
  • Mencegah penyakit Urat Syaraf.
  • Mencegah penyakit Katarak.
  • Mencegah kerapuhan tulang.
  • Mengobati tekanan darah tinggi.
  • Mencegah penuaan dini.
  • Mengencangkan kulit.
  • Menurunkan berat badan.
  • Mengurangi tingkat kegelisahan, cemas, dan kepanikan.
  • Menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur.

Manfaat Lain Kulit Buah Manggis

Dengan begitu banyaknya manfaat yang dimiliki kulit buah Manggis ini tentunya memberikan angin segar kepada siapapun yang mengharapkan kesembuhan dalam hidupnya. Para pasien yang menderita penyakit ringan, sedang, bahkan berat bisa sedikit bernafas lega dengan informasi bahwa kulit buah Manggis berpotensi menyembuhkan penyakit-penyakit mahal dan berat seperti penyakit jantung, tumor, kanker, hipertensi, kolesterol, dan lainnya.
Selain bisa menyembuhkan banyak sekali penyakit yang sebagian telah disebutkan di atas, ternyata kulit buah Manggis juga memiliki manfaat lain sehubungan dengan berat badan. Kandungan xanthone dalam kulit buah queen of fruit ini dipercaya dapat menurunkan berat badan karena fungsinya yang juga bisa menstimulasi lemak dalam tubuh sehingga berkurang.
Selain bisa menjadi pemicu untuk menurunkan berat badan, xanthone juga berperan dalam mengobati ketegangan pada otot dan sendi. Kandungan anti-oksidan dalam kulit buah Manggis juga berperan untuk mencegah penuaan dini yang kerap terjadi pada beberapa orang.
Sel-sel kulit yang telah rusak bisa diperbaiki oleh anti-oksidan yang terkandung dalam kulit buah Manggis. Bahkan jika Anda mengonsumsi jus atau olahan dari kulit buah Manggis secara konsisten maka kulit akan terasa lebih kencang dan segar.
Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin selalu terlihat awet muda dan kulitnya terlihat kencang bisa mencoba mengonsumsi jus kulit buah Manggis secara berkala dan teratur. Ya, tidak sulit mendapatkan kulit buah Manggis sebagai sumber kesehatan Anda!