SELAMAT DATANG DI BLOG http://bogor1975.blogspot.com SEMOGA ADA ARTIKEL BERMAMFAAT YANG DI DAPAT DARI KUNJUNGAN SAUDARA DI BLOG INI TERIMAKASIH
REGISTRASI KLIK DISINI

Senin, Juli 30, 2012

Kulit Buah Manggis Ampuh dalam Mengobati Darah Tinggi

Ad

Sejauh mana pengetahuan Anda mengenai penyakit tekanan darah tinggi ? Hal ini penting ditanyakan karena darah tinggi yang diderita seseorang kalau tidak dikontrol secara teratur dan mendapatkan penanganan yang cermat dan tepat akan berakibat fatal.
Tekanan darah tinggi berpotensi menimbulkan penyakit lainnya yang lebih berbahaya seperti kerusakan pembuluh darah, ginjal, otak, bahkan menyebabkan stroke dan serangan jantung (heart atack).
Secara definitif, darah tinggi atau hipertensi merupakan keadaan dimana tekanan darah seseorang berada diatas normal yang ditunjukkan oleh angka sistolik dan diastolik ketika pemeriksaan darah dilakukan.

Tekanan darah normal seseorang ada di kisaran 120/80 mmHG. Jika angka sistolik dan diastolik berada diatas angka normal tersebut, maka hal tersebut menunjukkan bahwa Anda menderita darah tinggi.
Dalam lingkup kedokteran, hipertensi atau darah tinggi ini memiliki 2 klasifikasi yakni hipertensi primer dan hipertensi sekunder. Seseorang dikatakan menderita hipertensi primer ketika tekanan darah tinggi yang dideritanya disebabkan oleh faktor gaya hidup yang kurang sehat dan faktor lingkungan.
Keadaan dimana seseorang mengalami gaya hidup yang berantakan dan memakan makanan apapun tanpa memperhitungkan resikonya, akan berpotensi membuat orang tersebut menderita obesitas (kelebihan berat badan).
Obesitas inilah yang biasanya menjadi pemicu terjadinya tekanan darah tinggi. Selain itu faktor lingkungan yang menyebabkan seseorang berada dalam kondisi stres tinggi yang disebabkan tuntutan kerja, tekanan keluarga dan lainnya, bisa juga menjadi pemicu timbulnya tekanan darah tinggi.
Jenis hipertensi yang kedua, hipertensi sekunder, terjadi ketika seseorang menderita tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh penyakit lainnya seperti gagal ginjal, gagal jantung, maupun kerusakan sistem hormon pada tubuh.

Penyebab Darah Tinggi

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan seseorang terserang tekanan darah tinggi. Beberapa diantaranya:
  • Penggunaan obat-obatan secara berkelanjutan seperti golongan kortikosteroid dan beberapa obat hormon serta obat anti-radang bisa menyebabkan seseorang terserang darah tinggi (hipertensi).
  • Nikotin yang terkandung dalam rokok juga menjadi penyebab seseorang menderita hipertensi.
  • Minum-minuman yang mengandung alkohol.
  • Gaya hidup yang tidak sehat dan kurang berolahraga.

Hipertensi dan Wanita Hamil

Bagaimana dengan wanita hamil? Wanita yang sedang hamil dan menderita tekanan darah tinggi sering disebut dengan pregnancy-induced hypertention (PIH). Kondisi hipertensinya bisa tergolong ringan dan juga bisa parah. Wanita hamil yang bertekanan darah tinggi bisa mengalami Preeclampsia saat kehamilannya.
Apa itu PreeclampsiaPreeclampsia merupakan suatu kondisi dimana wanita hamil mengalami tekanan darah tinggi sehingga merasakan berbagai macam keluhan mulai dari sakit kepala, nyeri pada perut, muka terlihat membengkak, menurunnya nafsu makan, mual-mual sampai muntah, dan pusing.

Kulit Buah Manggis untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Lantas, apa dan bagaimana cara yang efektif untuk mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi)? Banyak obat herbal yang menurut berbagai penelitian bisa menyembuhkan tekanan darah tinggi seseorang, salah satu diantaranya ialah kulit buah Manggis. Ekstrak kulit buah Manggis sangat membantu dalam mengontrol tekanan darah tinggi dimana sudah banyak orang yang merasakan manfaatnya.
Kulit buah Manggis mengandung suatu senyawa yang banyak memiliki manfaat. Senyawa xanthone yang terkandung dalam ekstrak kulit Manggis memiliki sifat anti-mikroba dan anti-peradangan yang bisa membuat tekanan darah tinggi menjadi normal.
Xanthone juga memiliki fungsi dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan yang terpenting memiliki sifat anti-stres. Salah satu penyebab terjadinya tekanan darah tinggi bisa diakibatkan karena kondisi lingkungan yang sering membuat seseorang stres.
Nah, xanthone berfungsi dalam meminimalisir faktor stres dalam diri Anda sehingga kalau tingkat stres terjaga maka kondisi tekanan darah pun bisa terjaga normal. Anda bisa mengonsumsi jus kulit buah Manggis secara teratur untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara perlahan sampai akhirnya normal kembali.
Anggap saja, mengonsumsi jus kulit Manggis ini merupakan terapi yang memerlukan konsistensi dan upaya untuk mengatasi rasa kebosanan. Jika hal tersebut bisa Anda lakukan dengan sepenuh hati, maka Anda akan merasakan manfaatnya sendiri. Tekanan darah tinggi Anda secara perlahan akan kembali normal.
Selamat mencoba!
Sumber KLIK DISINI