SELAMAT DATANG DI BLOG http://bogor1975.blogspot.com SEMOGA ADA ARTIKEL BERMAMFAAT YANG DI DAPAT DARI KUNJUNGAN SAUDARA DI BLOG INI TERIMAKASIH
REGISTRASI KLIK DISINI

Kamis, Januari 23, 2014

Khasiat daun sirsak untuk pengobatan


Pengunjung setia situs Bogor1975, kali ini saya akan sedikit share info mengenai  Tanaman Sirsak ini, yang teryata daunya mempunya segudang manfaat untuk pengobatan . 
berikut ulasannya artikelnya :
khasiat-daun-sirsak-untuk obat kangker
khasiat-daun-sirsak-untuk obat kangker
Herbalis di Yogyakarta, Sri Haryanto, meresepkan daun dan buah sirsak kepada para pasien sejak 1958. Itu bermula saat Sri Hartanto menjadi perawat di sebuah rumah sakit di Jawa Barat pada era 1950-an. Dokter asal jerman selalu menyarankan para pasien kanker untuk minum jus sirsak untuk penambah stamina. 
Kelak setelah menjadi herbalis, Haryanto bukan hanya meresepkan jus sirsak, tetapi juga meresepkan daun untuk menguatkan kondisi para penderita kanker.

Terbukti Antikanker

Peneliti di Agrevo Research Center, North Carolina, Amerika Serikat, bahwa daun sirsak memang terbukti berkhasiat sebagai anti kanker. 
McLaughlin dan rekan membuktikan keampuhan daun sirsak pada beragam sel kanker seperti sel kanker paru-paru, sel kanker payudara, sel kanker usus, sel kaker ginjal, sel kanker prostat dan sel kanker pankreas.  
Dengan  kekuatan dahsyat itu jika dosis kecil saja, efektif memberangus sel kanker. 
Menurut McLaughlin ED50 ekstrak kasar daun sirsak < 20 ug/ml, sedangkan ED50 senyawa murni Cuma < 4 ug/ml. 
Konsumsi daun sirsak menyebabkan suhu tubuh meningkat dan menggigil pada 2 hari pertama. Suhu meningkat akibat proses penghancuran energi yang sangat besar, yakni ATP. Akibatnya energi yang keluar juga cukup besar sehingga menyebabkan panas alias suhu tubuh meningkat. Untuk mengatasinya mengonsumsi herbal yang bersifat dingin, seperti rebusan akar alang-alang.

Resep dari Nenek Moyang

Kesemutan.
Kesemutan terjadi karena peredaran darah pada tangan atau kaki tidak lancar. Penyebabnya karena adanya penumpukan plak pada dinding arteri sehingga pembuluh darah menyempit.

Bahan: daun sirsak, garam.

Cara membuat: rebus 5-7 lembar daun sirsak dengan 4 gelas air hingga tersisa menjadi 2-3 gelas. Tambahkan sepucuk sendok the garam. Untuk di minum sehari.

Kanker
Berdasrkan penelitian dan bukti pada pasien, daun sirsak berkhasiat sebagai kemoterapi. Dosis daun sirsak yang diresepkan adalah 7, 10, 15, 17, 21 atau 31 lembar tergantung pada stadium kanker dan kondisi pasien. Jika kondisi pasien lemah dan mengonsumsi dalam dosis tinggi missal 15 lembar daun memberi efek samping seperti sesak nafas, dosis diturunkan menjadi 7 atau 10 lembar.

Bahan: daun sirsak, garam, daun sirih.

Cara membuat: rebus 7/10/15/17/21/31 lembar daun sirsak (tergantung stadiumkanker) tambahkan 4 gelas air, sepucuk sendok teh garam dan 5 lembardaun sirih (jika menggunakan 7-10 lembar daun sirsak) hingga tersisa menjadi 3 gelas. Untuk diminum sehari (boleh sedikit demi sedikit).



Kanker untuk anak umur 6 tahun
Pada anak-anak daya tahan tubuh masih lemah. Oleh karena itu dalam pengobatan kanker dosisnya pun tak setinggi orang dewasa. Selain itu, untuk meningkatkan stamina perlu ditambah gula aren dan teh bubuk, serta kayu manis untuk menambah citarasa.

Bahan: daun sirsak, teh bubuk, kayu manis, gula aren, garam.

Cara membuat: rebus 3-5 lembar daun sirsak. Tambahkan 2 gelas air, sejumput teh bubuk, ½   ruas jari kayumanis, gula aren dan sepucuk sendok teh garam. Sisakan 1 gelas air dan minumkan sedikit demi sedikit selama 1 hari.

Hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko stroke, gagal jantung dan bisa menyebabkan gagal ginjal kronis. Perubahan gaya hidup dan pola makan adalah kontrol utama untuk menjaga tekanan darah dalam kisaran normal dan menurunkan risiko komplikasi penyakit turunannya.

Bahan: daun sirsak, sedikit garam, daun salam, rambut jagung manis muda.

Cara membuat: rebus 10 lembar daun sirsak bersama daun salam dalam 4 gelas air. Tambah sedikit garam dan boleh ditambah madu, rebus hingga air tersisa 2-3 gelas. Resep lain, rebus daun sirsak dan rambut jagung manis (muda) dan minum 2-3x sehari.



Keputihan.
Keputihan ditandai dengan adanya sekresi cairan berwarna keputihan dari vagina. Jika disebabkan infeksi bakteri atau cendawan warna cairan menjadi kuning atau kehijauan. Infeksi mikroorganisme itu juga ditandai rasa gatal didalam dan sekitar bibir vagina. Infeksi dapat menjalar dan menimbulkan peradangan saluran kencing.

Bahan: daun sirsak, kunyit, garam, gula merah atau madu.

Cara membuat: campur 15 lembar daun sirsak dengan 5 ruas jari kunyit yang telah dipotong-potong. Masukkan dalam 5 gelas air. Tambahkan garam dan madu atau gula merah. Rebus sampai jadi 3 gelas air. Minum rebusan 3x sehari masing-masing segelas.

Melancarkan darah pada stroke ringan.
Stroke terjadi jika aliran darah ke otak terhambat akibatnya terjadi kehilangan fungsi otak dalam waktu singkat. Jika aliran darah ke otak terhenti dalam jangka beberapa detik saja, sel otak tidak dapat mendapat asupan darah dan oksigen sehingga mati. Kematian sel itu dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otak. Berikut resep untuk melancarkan aliran darah pada stroke ringan.

Bahan: daun sirsak, tanaman sirih bumi Peperomia pellucida, garam

Cara membuat: ambil 10-21 lembar daun sirsak. Tambahkan 5 tanaman sirih bumi dan sedikit garam, rebus dalam 5 gelas ar hingga menjadi 3 gelas. Dosis untuk sehari.



Kolesterol.
Kolesterol merupakan salah satu komponen penting penyusun membran sel dan diperlukan dalam pembentukan asam empedu,hormon steroid dan vitamin D. tetapi, kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah memicu penyakit jantung. Untuk menurunkan berikut resepnya.

Bahan: daun sirsak

Cara membuat: ambil 3-5 lembar daun sirsak lalu rebus dalam 3 gelas air. Angkat dan saring daun setelah menjadi 1 gelas. Minum secara rutin setiap hari selama sebulan.



Untuk terapi Relaksasi dan membuat tidur

Bahan: daun sirsak, gula, jeruk lemon.

Cara membuat: cuci 3 lembar daun sirsak dan masukkan ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama 5-10 menit,lalu angkat daun. Minum airnya. Untuk menambah citarasa bisa ditambah gula dan jeruk lemon.



Bisul.
Bisul sejatinya merupakan mekanisme pertahanan diri tubuh dalam mengisolasi infeksi bakteri, parasit atau benda asing lain agar tidak menyebar kedalam tubuh.

Bahan: daun sirsak

Cara membuat: ambil 15-30g daun sirsak segar. Cuci bersih lalu peras sampai keluar ekstrak. Minum ekstrak daun 3x sehari. Ampasnya untuk mengompres bisul. Bila direbus, masukkan 10g daun sirsak kering dalam 3 gelas. Angkat sampai menjadi 1 gelas air. Setelah itu minum 3x sehari. Cara lain: ambil segenggam daun sirsak. Tumbuk sampai halus lalu oleskan disekeliling bisul dan biarkan sampai mengering. Ulangi sampai bisul pecah. Lalu oleskan antiseptik.

Antikejang.
Bahan: daun sirsak, gula aren, garam.

Cara membuat: rebus 7 lembar daun sirsak dalam 3 gelas air. Saring sampai menjadi 1 gelas. Tambahkan sedikit gula aren dan garam. Minum setengah gelas tiap pagi dan sore hari.

Disentri.
Disentri merupakan gangguan pada usus yang mayoritas disebabkan infeksi bakteri antara lain shigella dysenteriae, Escherichia coli dan Salmonella sp. Gejalanya buang air besar encer, tinja bercampur lendir atau tinja bercampur darah.

Bahan: buah sirsak muda.

Cara membuat: ambil buah sirsak muda, iris-iris dan buang kulitnya. Makan 1-2x sehari sebanyak yang diperlukan.



Menghilangkan kutu kepala

Bahan:daun sirsak muda.

Cara mmbuat: ambil beberapa lembar daun sirsak muda, cuci bersih dan tumbuk halus. Oleskan pada kulit kepala, biarkab beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. Ulangi 1-2x sehari hingga kepala tak berkutu.

Ambeien.
Ambeien atau wasir terjadi jika bibir anus mengalami pembengkakan karena pelebaran pembuluh darah dan jaringan disekitarnya. Akibatnya mengalami rasa sakit saat duduk atau buang air besar.

Bahan: buah sirsak masak.

Cara membuat: ambil buah sirsak masak, peras hingga airnya mencapai 1 gelas.minum 2x sehari tiap pagi dan sore.

Infeksi saluran kemih.
Infeksi saluran kemih disebabkan bakteri. Penyebabnya kurang minum dan sering menahan kencing. Dalam dunia kedokteran infeksi saluran kemih bisa diatasi dengan pemberian antibiotik.

Bahan: buah sirsak matang, gula, garam.

Cara membuat: masak buah sirsak setengah matang, gula dan garam secukupnya hingga menjadi kolak. Makan tiap hari selama 1 minggu berturut-turut.

Bayi Diare.
Disebabkan masuknya bakteri ke saluran pencernaan melalui makanan atau minuman yang diberikan. Meski umum terjadi, namun mencret pada bayi jika tidak ditangani dapat berakibat fatal.

Bahan: buah sirsak masak.

Cara  membuat: peras buah sirsak masak dan saring untuk diambil airnya. Minumkan pada bayi yang mencret 2-3 sendok makan.

Anyang-anyangan.
Anyang-anyangan atau disuria merupakan perasaan tidak nyaman seperti terbakar atau menggelitik saat berkemih. Disuria bisa disebabkan karena infeksi saluran kemih.

Bahan: buah sirsak, gula.
Cara membuat: kupas sirsak dan rebus dengan gula bersama 2 gelas air. Saring dan minum.


Berikut sedikit catatan mengenai Khasiat Daun Sirsak, Jika anda ingin praktek menggunakan resep di atas harap sesuai petunjuk , jika sakit masih berlanjut konsultasikan lagi ke Dokter. Semoga bermanfaat.

Tolong di Share jika menurut Anda  artikel ini berguna untuk teman Anda melalui Facebook klik tombol share di bawah ini .